Popular Post

Jul 11, 2013


Umat Muslim & Kristiani Beribadah Bersama Untuk Perdamaian ( Pic+Video ) - Republik Makedonia memiliki sejarah konflik antar etnik yang panjang. Konflik ini memang sudah berakhir di tahun 2001 lalu, namun pemerintah Makedonia tentu tak ingin kejadian ini terulang lagi, apapun caranya. Maka pada tahun 2012, mereka pun memutuskan untuk memilih cara yang unik demi menjaga perdamaian di tanah mereka.

Agen periklanan yang mereka tunjuk untuk menangani kampanye ini kemudian berinisiatif membuat kampanye berjudul 10 Meters Apart, yang bertujuan untuk mempererat toleransi antar umat beragama di Makedonia, terutama sekali pemeluk Islam dan Kristen. Kampanye ini terinspirasi dari sebuah kuil di pelosok Makedonia yang digunakan bersama-sama oleh dua pemeluk agama berbeda.

Dari sinilah kemudian dibuat sebuah kampanye yang nampak mustahil untuk dilakukan. Perwakilan dari dua agama, Islam dan Kristen diajak untuk mengadakan ibadah bersama dalam satu tempat yang hanya terpisahkan oleh jarak sepanjang 10 meter.

Perwakilan dari agama Kristen melakukan misa, sementara di sebelahnya perwakilan muslim melakukan salat berjamaah. Padahal sebelum ini, dua agama tersebut belum pernah bergabung bersama dalam satu forum.



Namun, ternyata kampanye ini berhasil dan membuahkan hasil yang luar biasa. Tanggal 18 Oktober di mana perwakilan dari dua agama ini berdoa bersama dijadikan hari nasional oleh pemerintah Makedonia sebagai Hari Doa Bersama. Inspiratif banget ya, guys? Terbukti ide dan kreativitas bisa melahirkan perdamaian.

[ sumber ]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Gosip Sesuatu - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -